Hal Yang Tidak Diperbolehkan Dalam Merawat Rambut

menyisir-rambut-ketika-kondisi-basah menyisir rambut yang masih basah dapat mengakibatkan rambut rontok.

Rambut adalah mahkota yang perlu untuk dijaga kesehatannya. Bukan hanya melakukan perawatan rambut rutin seperti melakukan creambath , hairspa, dan trim saja yang perlu kita perhatikan, tapi hal – hal yang harus dihindari dalam merawat rmabut jgu aperlu untuk anda ketahui.

Berikut adalah hal – hal apa saja yang harus dihindari agar rambut tidak mudah rusak:

1. Jika and amemiliki rambut normal, jangan menggunakan shampoo anti-dandruff. Karena shampoo tersebut dibuat khusus untuk mengeringkan kulit kepala yang berketombe akibat minyak yang berlebih. Bahan yang terkandung didalamnya berfungsi untuk menghilangkan minyak dan membuat kulit kepala lebih kering. Bagi anda yang berketombe akibat kulit kepala kering disarankan juga untuk tidak menggunakan produk shampoo yang bertuliskan anti-dandruff.

2. Jangan terlalu sering keramas minimal 2 ( dua) hari sekali agar kadar minyak pada rambut tetap teratur. Terlalu sering keramas dapat membuat rambut kering atau berminyak sesuai kondisi kulit kepala anda.

3. Jangan terlalus ering menggunakan hair dryer. menggunakan alat pemanas rmabut seperti hair dryer, catokkan, roll rambut panas dapat membuat rambut anda kering dan mudah rusak.

4. Ketika keramas, hindari penggunaan air hangat pada rambut anda. Seperti menggunakan alat pemanas, rambut akan kering dan mudah rusak. Disarankan gunakanlah  air dengan suhu sedang atau air dingin.

5. Jangan terlalu lama membungkus rambut dengan handuk ketika sehabis keramas. Hal ini sering dilakukan oleh kita karena rambut yang masih basah terkadang menyusahkan. Namun, terlalu lama membungkus rambut yang masih basah sehabis keramas dengan menggunakan handuk dapat menyebabkan rambut anda berbau tidak sedap. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk tanpa menggeseknya secara kasar. Cukup dengan menepuk – nepuknya secara halus hingga setengah kering  dan biarkan rambut mengering sendiri dengan udara. 

6. Hindari menyisir rambut ketika rambut masih basah. Karena ketika rambut masih dalam keadaan basah, pori – pori pada kulit kepala terbuka dan akar rambut masih dalam kondisi lemah. Sehingga dapat mengakibatkan rambut rontok ketika disisir.

7.Tidak mengeringkan rambut dengan cara menggosokan rambut ke handuk dengan kasar. Hal tersebut dapa tmerusak ujung rambut sehingga akan mudah terjadinya rambut bercabang dan pecah – pecah.

 

About Ira Astuti
Performing Arts Of Communication - STIKOM LSPR

Leave a comment

Your email address will not be published.


*