Penyebab Terjadinya Kerontokkan Rambut

kerontokkan -dapat-menyebabkan-rambut-menipis
rambut rontok dapat menyebabkan kebotakkan. maka hati-hatilah

Anda mungkin merasa kesal setiap kali anda bangun tidur sering menemukan banyak helaian di bantal atau ketika menyisir rambut anda menemukan helaian rambut di sisir tersebut. Hati – hati terhadat rambut rontok, karena dapat menyebabkan rambut anda pitak perlahan atau mengalami kebotakkan. Tapi apa yang harus dilakukan? cara yang paling benar adalah mengetahui penyebabnya dan menghindarinya sehingga dapat mencegah terjadinya rambut rontok yang berlanjut pada kebotakkan.

Berikut adalah penyebab kecil terjadinya kerontokkan :

1. Seringnya mengikat rambut dengan kuat

Umumnya mengikat atau menguncir atau menjepit rambut memang tidak baik untuk rambut anda apalagi bila mengikatnya terlalu kuat. Ketika rambut diikat, rambut seakan – akan ditarik paksa terutama saat rambut masih basah dan lembab karena  rambut yang masih basah atau lembab cenderung masih lemah dan mudah rontok. Jika ingin mengikat rambut, keringkan rambut terlebih dahulu kemudian ikatan jangan terlalu kuat. Untuk lebih amannya lagi, disarankan agar menghindari mengikat rambut.

2. Menyisir ketika rambut basah

Seperti yang dijelaskan tadi bahwa ketika rambut masih dalam kondisi basah, pori – pori pada kulit kepala masih dalam kondisi terbuka dan rambut masih rentan. Sehingga seringkali anda menemukan helaian rmabut pada sisir anda ketika menyisir pada kondisi rambut masih basah.

3. Kurangnya gizi

Tubuh yang kekurangan gizi  juga dapat mempengaruhi terjadinya kerontokkan. Rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga rambut menjadi sehat dan kuat.

4. Sakit

Kondisi tubuh yang tidak fit juga dapat mempengaruhi kerontokkan rambut dikarenakan asupan nutrisi yang terserap tidak menjaga rambut sepenuhnya terutama ketika anda sakit, nutrisi akan lari kepada sel – sel yang rusak. Oleh karena itu, hiduplah dengan pola sehat agar tidak mudah sakit sehingga terhindar dari masalah kerontokkan.

5. Penggunaan Hair Dryer

Penggunaan alat pengering rambut seperti hair dryer, alat pelurus rambut, dan pengeriting rambut juga dapat menyebabkan kerontokkan karena panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat membuat akar rambut anda kering dan mati, sedangkan pada batang rambut akan terjadi patah – patah sehingga rambut anda akan mudah rontok.

6. Pemilihan sisir yang tidak dengan rambut

Bila anda memiliki rambut tebal dan mengunakan sisir yang rapat, maka rambut akan sulit disisir dan anda akan memaksakannya sehingga rambut akan kusut dan kesempitan sehingga ketika menyisir yang terjadi adalah rambut anda tertarik dan rontok.

About Ira Astuti 85 Articles
Performing Arts Of Communication - STIKOM LSPR

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*